Apa penyebab Yahoo Indonesia Ditutup? Perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat, Yahoo rupanya tidak ingin tumbang dalam persaingan ketatnya dengan raksasa-raksasa teknologi di Silicon Valey lainnya. Saat ini, perusahaan yang dipimpin oleh Marissa Mayer itu tengah melakukan strategi perampingan di sektor operasional bisnis internasionalnya dengan mengurangi sejumlah karyawan di wilayah Asia, termasuk di Indonesia.

Kebijakan ini kemungkinan besar karena performa penjualan yang tak sesuai harapan. Negara-negara yang mendapatkan hadiah kecil dari Yahoo ini adalah beberapa negara di Asia Pacific seperti Vietnam, Indonesia dan Malaysia. Hanya satu pengecualiannya, di negara Singapura. Akibat kebijakan ini, kepala penjualan paling senior di Yahoo Singapura untuk regional Asia Pacific , Yvonne Chang, dikabarkan memutuskan untuk mengundurkan diri.

Dilansir TechCrunch, Rabu (5/11/2014), juru bicara Yahoo mengkonfirmasi kepergian Chang dari kantor regional Yahoo APAC. Namun dirinya tak bersedia mengomentari soal perampingan yang akan dilakukan di beberapa negara wilayah Asia Pacific.

Pasar Asia Pasific saat ini dianggap tidak lagi menjadi bagian yang terpenting dari Yahoo. Perusahaan asal negeri Paman Sam itu telah melakukan kajian dan diperoleh bahwa pasar Eropa, Timur Tengah dan Afrika yang masuk dalam kategori EMEA jadi pasar penting bagi Yahoo. Perusahaan itu mengaku sangat berkomitmen untuk memberikan produk terbaiknya dan pengalaman bagi pengguna dan pengiklan di wilayah itu.

Dengan adanya kebijakan ini, dikabarkan Yahoo bakal segera menutup kantor di Ho Chi Minh City, Vietnam, pada kuartal ketiga tahun ini. Sedangkan kantor di Malaysia dan Indonesia akan ditutup pada tanggal 14 Desember mendatang. Penutupan ini adalah untuk yang kesekian kalinya, setelah perusahaan itu merumahkan 400 karyawannya yang di Bangalore, India. Sebagian kecil mereka akhirnya menerima tawaran untuk pindah dan memperkuat ke kantor pusat Yahoo di California, Amerika Serikat, Namun sebagian lagi masih mempertimbangkan.

Sumber : www.iberita.com


One Response Comment

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.