Monalisa Muda

Monalisa Muda

 

Lukisan Monalisa muda diklaim sebagai versi awal dari lukisan Monalisa yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci. Sebuah yayasan di Swiss mengatakan bahwa mereka sudah meneliti lukisan itu selama 35 tahun dan hasilnya menunjukkan fakta-fakta bahwa Leonardo melukisnya sepuluh tahun sebelum lukisan Monalisa tua.

Namun banyak yang menentang dan tidak percaya dengan hasil penelitian itu, salah satunya adalah professor dari Oxford Martin Kemp yang menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa sangat tidak berdasar jika lukisan Monalisa muda itu adalah hasil karya asli Leonardo da Vinci. Lukisan tersebut hanyalah tiruan dari Monalisa versi asli yang berada di museum Louvre, Paris Prancis saat ini.

Monalisa Tua

Monalisa Tua

Tapi Yayasan Swiss tersebut bersikeras bahwa lukisan itu memperlihatkan wanita yang sama – Lisa del Giocondo, istri dari pedangang kaya di Florentine.

Mereka mengklaim bahwa lukisan Mona Lisa dibuat untuk suaminya, dan lukisan lainnya, 10 tahun kemudian untuk anggota keluarga Medici.

Dia bersikeras bahwa bukti sejarah, perbandingan kritis, dan tes ilmiah mendukung teori tersebut.

“Tidak ada satu bukti ilmiah pun yang bisa membuktikan bahwa lukisan ini bukan lukisan Leonardo Da Vinci,” kata anggota yayasan dan pengamat sejarah Stanley Feldman pada Kamis seperti dikutip oleh BBC.

Lukisan ini ditemukan di Somerset, rumah seorang bangsawan pada tahun 1913 oleh kolektor seni Hugh Blaker, yang membawa lukisan tersebut ke studionya di Isleworth di barat daya London, kemudian dibeli oleh ahli seni Amerika Henry Pulitzer pada tahun 1960.

Sampai sekarang Monalisa memang tetap menjadi misteri.

 

Source: www.nypost.com | kompas.com

 

 


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.