1. Cetak Foto atau yang lebih dikenal dengan istilah printing image adalah suatu karya seni grafis yang cetaknya melalui pemotretan foto-foto. cetakan ini menggunakan teknik afdruk yang bahannya berupa kertas, film, dan bahan-bahan cuci film untuk yang masih menggunakan teknik lama untuk teknik yang baru lebih mudah dengan menggunakan print hasilnya juga dapat dilihat saat itu juga.

2. Cetak Sharing atau Screen Printing, cetakan dari bahan screen atau kain yang dilapisi dengan bahan yang peka akan cahaya. Screen kemudian ditutup film dan akan dilakukan penyinaran. Tahap selanjutnya screen akan dicuci nanti akan terbentuk cetakan yang berlubang (saring) sesuai dengan filmnya.Alat yang digunakan untuk cetak saring ini adalah Screen, rakel, dan meja sablon.

3. Cetakan Dalam atau Intaglio Print proses pembuatan nya dilakukan dengan tahap cetakan yang terbuat dari plat alumunium yang dibentuk menggunakan alat yang tajam sehingga akan membentuk goresan yang dalam.Setelah itu tinta dituangkan didalam goresan yang dalam tadi kemudian diatasnya diletakkan kertas yang sudah dibasahi dengan air biasa. Nanti tinta tersebut akan melekat pada kertas dan otomatis terbentuk menyesuaikan ukiran tadi. Teknik cetak dalam ini bisa digunakan dengan bahan alumunium, tinta, dan juga kertas. Untuk alatnya besi runcing atau paku.

4. Cetak Tinggi atau Printing High pembuatannya melalui proses pembataan cetakan dari bahan yang di cuil atau dicungkil sehingga permukaannya akan menjadi tinggi dan juga rendah (relief). Nanti bagian yang tinggi ini akan dilumuri dengan tinta cetak dan alat rol karet. Setelah iti dicetak lagi pada lembaran kertas sehingga nantinya akan membentuk gambar yang sesuai dengan cetakan yang telah dibuat tadi.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.