Seni lukis adalah seni yang selalu menarik untuk dinikmati karena makna yang dimaksud pelukis dibalik karyanya. Banyak karya-karya lukis yang dihasilkan oleh seniman dan menjadi rebutan penikmat seni di seluruh dunia, seperti lukisan ‘Senyum Monalisa’ yang dibuat oleh sang Maestro¬† Leonardo da Vinci dari Italia. Tapi ternyata ada juga lukisan yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, sehingga manjadikan lukisan itu eksklusif dan mahal harganya. Contohnya seperti lukisan-lukisan di bawah ini.

card players painting

card players painting

Lukisan dua orang bermain kartu ini dilukis oleh Paul Cezanne, seorang seniman Prancis yang meninggal tahun 1906. Lukisan ini terjual seharga 250jt Dollar pada tahun 2011 yang menjadikannya sebagai lukisan termahal di dunia sepanjang masa.

Makna apa yang sebenarnya terkandung pada lukisan ini masih menjadi pertanyaan. Cezanne melukis dengan bantuan model yang diketahui juga berkerja di kantornya. Terlihat dari lukisan itu dua orang pria yang konsentrasi melihat kartu di tangannya.

Lukisan lain yang terjual dengan harga sangat tinggi yaitu lukisan milik Jackson Pollock, seorang seniman dari Amerika Serikat yang meninggal di tahun 1956.

pollock painting

pollock painting

Lukisan ini terjual seharga 140 juta Dollar.

woman 3

woman 3

Lukisan Woman 3 terjual dengan harga 137.5 juta dollar. Lukisan karya Wilem de Kooning, seorang seniman yang lahir di Belanda.

Portrait of Adele Bloch-Bauer I

Portrait of Adele Bloch-Bauer I

Lukisan Portrait of Adele Bloch-Bauer I oleh Gustav Klimt. Lukisan ini terjual seharga 135 juta dollar kepada Ronald Lauder.

Sangat mahal mungkin ya, tapi lain bagi seorang pecinta lukisan seperti mereka. Mereka akan menghabiskan sebagian uang mereka untuk mengkoleksi lukisan-lukisan itu di rumahnya.

Lukisan memang seni yang sangat indah, namun bukan berarti semua orang suka seni lukis, karena banyak pulan orang-orang yang tidak mengerti kenapa lukisan itu berharga mahal. So, seni adalah relatif.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.