Logo AppleSatu yang menjadi alat marketing yang efektif adalah logo. Logo menggambarkan seperti apa usaha Anda dan dari ini lah orang-orang lebih mudah mengingat siapa dan apa nama bisnis Anda. Dengan itu logo sangat diharapkan agar benar-benar diukur dan dilihat menurut perspektif perusahaan. Bukan sembarang logo yang hanya asal comot gambar. Logo butuh analisa filosofis yang kemudian bisa menjadi jalan visi misi perusahaan. Ada beberapa hal yang menjadikan logo itu dianggap baik untuk perusahaan atau bisnis Anda:

 

1. Karakter logo harus mempunyai efek langsung kepada konsumen. Jika kita melihat contoh logo Apple yang bergambar buah apel yang tergigit, itu menggambarkan bahwa layanan Apple sangat layak dikonsumsi oleh orang banyak sebagaimana buah apel yang manis dan sehat. Logo ini sudah menarik perhatian daripada buah apel yang utuh. Karena efek gigitan itu lah yang kontras dari logo Apple.

2. Logo harus enak dilihat dan mempunyai rasa seni di dalamnya. Karena desain logo lah yang terpampang pertama kali di depan kantor perusahaan, iklan, atau media-media. Jika logo kita sudah tidak enak dilihat, bagaimana masyarakat percaya bahwa perusahaan kita adalah benar-benar profesional.

3. Sebuah logo harus mudah di gandakan. Karena logo itu bukan hanya dipakai di kop surat atau stempel, tetapi logo juga dipakai di baleho, spanduk, bahkan ketika kita harus menggambarkan kepada orang lain dengan sebuah pena, logo menjadi mudah digambarkan.

4. Logo harus menciptakan image yang bagus di mata konsumen. Ketika logo itu sudah menjadi identitas perusahaan, maka seharusnya logo juga melihat aspek estetika yang sudah terbentuk di masyarakat secara umum.

5. Logo harus benar-benar menggambarkan citra perusahaan. Perusahaan profesional harus mempunyai logo yang profesional juga, begitu pula bagi perusahaan film kartun seharusnya mempunyai logo yang lucu bukannya menakutkan bagi anak-anak.

6. Logo yang terbaik adalah logo yang mudah diingat. Karena dari situlah masyarakat juga mengingat perusahaan kita sebagaimana mengingat logo kita yang lucu, kontras, atau artistik.

7. Logo yang baik itu tidak mengenal zaman. Karena logo itu adalah simbol perusahaan, maka semestinya tidak sering dirubah. Karena brand yang telah diciptakan lama itu sudah tertanam di masyarakat, jika logo tidak tahan zaman akan membuat kerugian tersendiri bagi perusahaan. Banyak perusahaan dunia yang mengeluarkan banyak uang demi menciptakan brand baru.

Dari hal-hal di atas, setidaknya kita menjadi lebih peduli terhadap logo yang menjadi identitas perusahaan kita.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.