Desainer Palsu

Saat ini desain bisnis online sudah merambah semua segi, termasuk jasa pembuatan desain online yang kini marak. Namun hati-hati karena tidak semua jasa desain online itu baik bagi Anda. Banyak yang mengaku sebagai desainer professional tapi ternyata mereka adalah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan mengatas namakan desainer sebagai tamengnya. Ujung-ujungnya adalah penipuan desain online.

Kami mencoba memberikan sedikit paparan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menentukan dimana akan menjatuhkan pilihan untuk menangani desain Anda.

1. Perhatikan Portofolio

– Seorang desainer akan sangat menjunjung tinggi professionalisme. Apalagi masalah karya intelektual. Banyak kami temukan beberapa website yang menampilkan portofolio desain dari karya orang lain. Ini sungguh tidak dibenarkan dalam etika desainer dan bisnis. Perhatikan dulu karya yang dipajang di websitenya, dan cari referensi dari website lain. Jika menunjukkan kesamaan dengan karya orang lain, maka Anda harus berfikir dua kali karena bisa jadi itu adalah penipuan bermodus desain online.

2. Cari Tahu Review Tentang Website Tersebut

– Bisnis desain adalah kepercayaan, sebelum Anda mempercayakan itu pada orang lain, ada baiknya Anda mencari data dan review tentang website tersebut. Jika website tersebut baik, maka review orang lain pasti juga baik, namun jika mempunyai reputasi buruk pasti banyak orang yang suka rela menulis review negatif tentang mereka. Di forum seperti Kaskus banyak referensi tentang website-website yang tidak bertanggung jawab.

3. Carilah Layanan yang Bergaransi

– Layanan desain online adalah layanan yang berhubungan erat dengan kepuasan konsumen, carilah jasa desain yang memberikan garansi jika Anda nanti merasa tidak puas dengan hasilnya.

Selanjutnya Anda sebagai calon konsumen lah yang menentukan. Bila Anda tidak ingin terjebak dengan tawaran-tawaran manis dari orang yang mengaku desainer, lebih baik kita cegah dari sekarang dengan sering membaca informasi. Salam Sukses!

 


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.