ketupat

ketupat

Kita tentu sangat familiar dengan ketupat. Iya, makanan khas Indonesia yang biasa disajikan waktu Bulan Ramadhan dan Lebaran. Sampai saat ini belum diketahui darimana asal muasal ketupat. Bahkan bisa dibilang ketupat hanya terdapat di Indonesia karena belum ada data yang menyatakan bahwa ketupat juga disajikan di negara-negara Muslim lainnya.Tapi tahukah Anda bahwa untuk membuat ketupat ini butuh waktu yang sangat lama. Bukan untuk menunggu masaknya, tetapi hanya untuk membuat tempat ketupat itu sendiri. Sebuah ketrampilan yang harus dimiliki oleh orang-orang pembuat ketupat.

Dari desain bungkus luarnya, ketupat termasuk makanan dengan desain produk tersulit. Kenapa begitu? Bayangkan saja, kita harus mencari daun kelapa muda untuk membuat bungkus ketupat. Daun kelapa tua apa bisa? Tentu bisa, tapi mungkin tidak lagi menjadi ketupat, tapi nasi bercampur daun kelapa.

Kemudian, kita harus merangkai dua daun kelapa muda dengan struktur yang lumayan rumit, dengan selang-seling yang sudah terorganisir rapi, kita bisa melihat kubus indah dari daun kelapa muda itu. Jika kita salah ketika memasukkan selang-seling daun kelapa, jangan harap kita berhasil membuat bungkus ketupat itu.

Hmm, tentu saja ini akan menjadi ketrampilan yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Siapapun desainer bungkus ketupat, pastilah seorang yang mempunyai cita rasa desain yang tinggi dan perfeksionis. Mari kita terus lestarikan.,

 


No Comment

Comments are closed.