Website diibaratkan sebagai rumah kita di dunia maya. Agar setiap pengunjung yang ingin bertamu ke “rumah” (website) kita merasa nyaman, kita harus selalu merawat website tersebut dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya itu kita juga perlu mengisinya dengan content yang bermanfaat bagi pengunjung sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di website kita.

Sebagai pemilik website, kita tentu tidak ingin pengunjung yang datang tidak hanya sekedar lewat saja lalu tak pernah datang kembali. Sebuah website harus mempunyai materi yang memberikan detail adri sebuah perusahaan untuk itu perlunya perawatan website agar dapat pengunjung nyaman dan ingin kembali mengunjungi website kita.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk merawat website :

* Mengubah Tampilan Website, tampilan website merupakan hal yang sangat penting, karena dari website juga tercermin kepribadian kita, apakah kita berjiwa seni, atau biasa saja. Karena setiap pengunjung yang datang pasti ingin melihat website yang tampilannya tidak terlalu ribet, tetapi berkelas. Agar tampilan website kita terlihat lebih fresh, maka sebaiknya kita harus merubah tampilannya.

* Monitoring Statistik Website, Statistik website sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan suatu website. Kita bisa mengetahui jumlah pengunjung yang datang setiap harinya, halaman apa saja yang menjadi favorit mereka, dan dari mana mereka berasal. maka dapat dilihat dari statistik tersebut. Dan Kita bisa memanfaatkan layanan dari Google yang bernama “Google Analytic” untuk mendapatkan data statistik tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengecek bandwidth yang dipakai setiap bulannya. Jika bandwidth yang kita miliki hampir mencapai batas maksimum ada baiknya kita harus menambah menambah kuota bandwidth agar website tidak menjadi lemot.

* Update isi konten kita, jangan malas untuk mengupdate agar pengunjung mengetahui informasi terbaru dari perusahaan atau usaha kita.

* Promosi Website, kita bisa mempromosikan website kita kepada teman-teman sekitar untuk mengunjungi dan melihat informasi terbaru, selain itu agar pengunjung selalu bertambah.

* Backup Data, tindakan yang tidak kalah pentingnya yaitu backup data. Langkah ini perlu kita lakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan pada web server. Apabila kita tidak melakukan backup secara teratur tentu semua data yang tersimpan di web server tersebut seketika akan hilang. Lain halnya jika kita memiliki backup data, kita bisa dengan mudah memulihkan data tersebut begitu web server selesai diperbaiki.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.