iklan efektif

Pemasaran tidak bisa lepas dari iklan dan promosi. Semakin bagus iklan yang kita buat semakin banyak pelanggan yang datang kepada kita. Tapi sedikit sekali dari banyak pengusaha yang mengerti bagaimana cara membuat iklan yang efektif untuk usaha mereka. Bahkan banyak pula yang sudah mengabiskan biaya puluhan juta untuk memasang baliho, tapi ternyata iklan tidak efektif dan pesan tidak tersampaikan kepada calon pelanggan.

Iklan adalah ujung tombak pemasaran, atau bisa juga kita sebut sebagai wajah perusahaan. Jika sebuah perusahaan susah mampu mendesain iklan dengan elegan, secara tidak langsung perusahaan tersebut berhasil menggiring opini publik bahwa perusahaan tersebut profesional. Disini mari kita coba mengupas cara membuat iklan yang efektif untuk pemasaran.

Untuk membuat iklan yang efektif, ada beberapa hal yang harus kita lakukan:

1. Kenali target market

– Seringkali iklan yang gagal adalah iklan yang tidak jeli melihat target market yang dituju. Sehingga iklan yang dibuat menjadi tidak fokus dan salah arah. Sebagus atau sebesar apapun iklan itu dipajang, jika tidak sesuai dengan target market, maka hasilnya tidak maksimal

2. Kenali kelebihan kompetitor

– Dengan mengenali kelebihan kompetitor, maka kita bisa mengangkat kelebihan perusahaan kita yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Ini menjadi hal yang sangat penting, karena calon pelanggan akan berfikir kenapa mereka harus memilih produk kita daripada produk yang lain, salah satunya adalah karena kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lain.

3. Pilih desain yang bagus

– Visual menjadi faktor yang menentukan apakan iklan yang kita pasang mudah dicerna pelanggan atau tidak. Desain iklan yang bagus dan menarik perhatian akan lebih memudahkan calon pelanggan menangkap pesan yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai kita salah memilih desain iklan, karena akan berakibat fatal untuk kelangsungan pemasaran produk kita. Berikan konsep iklan pada ahli desain iklan yang terpercaya.

4. Manfaatkan biaya promosi sebaik-baiknya

– Iklan dan promosi produk membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semakin banyak kita mengeluarkan uang untuk promosi, semakin besar efeknya pada penjualan produk kita. Untuk itu, sebaiknya kita atur biaya promosi agar efektif.

5. Pilih lokasi iklan yang tepat

– Pemasangan iklan harus memperhatikan tempat. Pilihlah tempat yang sesuai dan strategis untuk mendapatkan dampak yang bagus. Kita bisa lihat kenapa banyak baliho besar di perempatan jalan, karena lokasi tersebut sangat strategis dan banyak orang berhenti ketika lampu merah, pada saat itulah visual iklan kita mengambil perannya untuk menarik calon pelanggan dengan waktu yang singkat.

6. Evaluasi iklan berkala

– Setiap iklan akan menemui masa ausnya, itu tidak lepas karena minat manusia yang cepat bergeser dari waktu ke waktu. Untuk itu perlu mengevaluasi ikla kita berkala. Jika dirasa sudah tidak relevan, maka kita ganti dengan ide yang lebih segar dan relevan.

Begitulah hal-hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan iklan yang efektif. Selalu belajar dan terus berusaha menjadi kunci semuanya.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.