Mungkin Anda sudah berfikir lama bagaimana cara cepat memulai bisnis online dari nol. Sedangkan pengetahuan masalah bisnis online masih minim. Jika belajar dari awal, apakah tidak terlambat?  Kita tahu bisnis online saat ini sudah sangat marak dan menjadi sebuah trend masyarakat dunia pada umumnya. Tidak ketinggalan di Indonesia pun bisnis online sudah mulai dipercaya sebagai sebuah alternatif cara belanja yang simple dan nyata. Ini yang membuat para pelaku bisnis bayak yang melirik bisnis online.

Bagi Anda yang masih bingung, jangan khawatir, karena sebenarnya bisnis online itu sangat mudah untuk dijalankan. Bagaimana memulainya? Berikut step-step yang harus Anda ikuti agar cepat bisa menerapkannya:

1. Buatlah blog gratis

– Membuat blog menjadi suatu keharusan dalam memulai bisnis online. Blog merupakan salah satu kekuatan bisnis online. Ketika Anda sudah menjajaki blog dan mencoba fitur-fiturnya, akan sangat mudah untuk mengoperasikan website toko online yang rumit sekalipun.

2. Buatlah toko online kepada jasa desain website yang terpercaya

– Kepercayaan pelanggan dimulai dari kesan pertama pada tampilan website kita. Jika tampilan web kita tidak bagus dan asal-asalan, kemungkinan besar calon pelanggan akan berpaling ke toko online lainnya yang memiliki tampilan yang lebih professional. Itulah mengapa toko online sekelas Lazada.co.id, Zalora.co.id, Falofa.com menjadi toko online yang sukses di Indonesia. Salah satu alasannya adalah tampilan yang elegan dan professional.

3. Jual produk yang nyata

– Banyak sekali produk yang dijual online namun tidak nyata, seperti software atau file digital. Banyak yang sukses dengan menjual produk seperti ini, namun itu di luar negeri, jika Anda ingin memulai bisnis online di Indonesia, maka pertama yang harus Anda perhatikan adalah produk Anda harus nyata dan banyak peminatnya. Baju atau buku bisa dicoba untuk memulai bisnis online

4. Berikan harga yang bersaing

– Harga menjadi hal yang sangat penting bagi calon pelanggan. Toko online di Indonessia sudah menjamur begitu banyaknya dan banyak barang yang dijual sama. Jika Anda tidak menawarkan harga yang bersaing, dapat dipastikan toko Anda tidak akan bertahan lama.

5. Perhatikan Media Sosial

– Toko online sangat erat hubungannya dengan media sosial. Karena di media sosial terjadi banyak interaksi antara pelanggan dan penjual, disinilah akar kepercayaan pelanggan tumbuh dengan sendirinya.

6. Berikan testimoni pelanggan

– Testimonial pelanggan sangat penting ditampillkan di website baru Anda. Jika Anda belum mendapat testimoni dari pelanggan, Anda bisa memberikan produk gratis kepada artis atau kerabat Anda dan mintalah testimoni mereka.

7. Pasang layanan live chat

– Live chat sama saja dengan customer service di toko offline. Ini sangat penting. Mintalah kepada admin website Anda unuk menginstall live chat. Sebisa mungkin live chat bukan dari yahoo mesenger atau gtalk, karena terbatas. Gunakan live chat umum seperti zopim atau heldesk yang lainnya.

8. Bersabarlah

– Toko online tidak semudah toko offline. Toko online membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan pelanggan tetap. Minimal 3-4 bulan Anda bisa menemukan pelanggan toko online Anda. Karena toko online juga butuh dikenal. Gunakan waktu awal-awal untuk menulis artikel sebanyak mungkin yang berhubungan dengan produk Anda, karena artikel bisa menarik calon pelanggan ke website toko online Anda.

Demikian step-step cara cepat memulai bisnis online dari nol. Semoga sukses memulainya

 

 


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.