Dunia marketing online berkembang sangat luas. Barang apapun bisa dijual melalui online. Dari barang elektronik, baju, buku, sampai file digital seperti gambar, software, dll. Di Indonesia sendiri, toko online baju sudah menjamur. Banyak butik yang juga menjual produknya via online. Keuntungan pun semakin berlipat. Nah, sekarang bagaimana dengan prospek menjual produk digital atau software?

Banyak pengusaha online di Indonesia lebih memusatkan usaha pada penjualan barang nyata seperti baju dan elektronik. Mereka berfikir lebih sulit menjual produk digital karena banyaknya kasus pembajakan di Indonesia. Memang itu menjadi satu kelemahan menjual produk digital, tapi jika kita mengatasinya dengan baik, barang digital malah bisa mengeruk keuntungan lebih besar. Berikut tips agar sukses menjual produk digital di Indonesia:

1. Buatlah produk yang unik
– Produk digital sangat mudah diproduksi, oleh karena itu buatlah produk digital Anda unik dan kreatif. Contohnya adalah foto moment-moment tertentu. Foto moment spesial bisa kita jual kepada para penggiat desain grafis atau wartawan. Mereka membutuhkan foto yang orisinil.

2. Buatlah produk yang besar manfaatnya

– Antivirus sampai saat ini masih sangat laku di pasar online. Karen manfaatnya yang besar. Siapa yang mau data-datanya rusak atau hilang hanya karena tidak memasang antivirus. Software marketing seperti mass email, email finder, atau contact finder juga masih banyak dicari pengusaha online. Karena mereka sangat membutuhkan itu untuk meningkatkan penjualan.

3. Buat keamanan untuk produk Anda
– produk digital sangat rentan dibajak, dicopy, kemudian dijual kembali. Jika Anda tidak memiliki keamanan yang mimpuni untuk produk Anda, usaha Anda akan jatuh dalam hitungan hari.

4. Selalu update perkembangan produk digital yang lain

– Ketika kita asyik berkerja membuat software, ternyata besok harinya ada software serupa yang muncul di internet atau di forum gratisan. Tentu ini akan merusak pasar Anda. Ambillah contoh bagaimana perusahaan pengembang antivirus menanggulangi pembajakan softwarenya. Mereka berkerja sam dengan para hacker untuk meminimalisir pembajakan

Setelah semua point diatas Anda lakukan, usaha Anda akan berkembang cepat.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.