LOGO merupakan identitasperusahaan anda. Kesan pertama dibuat dengan LOGO dan tanpa ada yang lain. Untuk mengetahui pentingnya LOGO bagi perusahaan, kita perlu menjawab satu Pertanyaan: “Seberapa besar, seberapa populer, dan seberapa terkenal perusahaan yang tidak mempunyai LOGO?” Jika Perusahaan anda salah satunya yang tidak mempunyai LOGO, maka hal itu akan meningkatkan keraguan dan pikiran negatif terhadap Usaha anda, maka dari itu jangan lupakan LOGO professional yang anda terapkan di perusahan anda.

Jika LOGO dibuat oleh Desainer yang tidak profesional atau dibuat oleh pemilik usaha sendiri. Kadangkala hal itu malah memperburuk citra perusahaan. Bisa di bilang “lebih baik tidak punya LOGO daripada punya LOGO yang Buruk”. Jika ada seseorang yang bertanya kepada anda selaku pemilik perusahaan atau CEO. Menghabiskan berapa banyak uang untuk membuat LOGO perusahan mu? Dengan cara apa kamu mendapatkanya, memakai desainer professional atau sayembara LOGO? Jika seorang CEO tersebut menjawab “kami tidak mengeluarkan banyak uang dan tenaga untuk jasa desain LOGO ini.” Cek lah kembali LOGO perusahaan anda kemungkinan clip art.

LOGO merupakan hal terpenting yang harus ada dalam sebuah perusahan dan juga brand. Tanpa LOGO perusahan & brand tidak dapat di bedakan satu dengan yang lainya. Coba lihat, ada berapa restoran cepat saji yang menawarkan menu utama ayam goreng? Bayak bukan, sebut saja KFC, Mc’ D, A&W, Texas Chicken, CFC, dll. Bayangkan Brand-Brand tersebut tidak mempunyai LOGO dan corporate identity! Ya brand tersebut akan sama persis seperti warung tenda yang ada di pasar. Setiap perusahan & brand butuh LOGO untuk membuatnya terlihat lebih berbeda oleh konsumen. (yang masih bingung dengan coporate identity kita bahas di postingan selanjutnya)

Salah satu pertanyaan yang populer adalah “Mengapa LOGO (perusahan) saya harus Berbeda?”. Jika LOGO dibuat dengan menggunakan Clipart, hal tersebut membuat LOGO anda identik dan sama dengan Perusahaan lain, atau bahkan sama dengan LOGO Competitor anda. Kesamaan LOGO akan membuat sulit pelanggan (konsumen/audiens) untuk mengidentifikasi Brand anda, karena LOGO perusahaan anda tercampur dengan LOGO perusahaan orang lain. Situasi tersebut dapat membahayakan reputasi atau citra perusahan anda nantinya, dan menyia-nyiakan investasi kegiatan BRANDING pada perusahan/Brand anda.

Sebelum audiens melihat perbedan dari Brandingnya mereka melihat dari logonya “kesan pertama”. Pasti kita semua tau apa LOGO dari Mc Donald? Betul sekali “betuk M yang melingkar khas yang hanya miliknya.” Itulah logo Mc’D. sebuah riset pernah dilakukan logo Mc’D lebih dikenal “Top Of Mind” ketimbang logo salip, ini benar terjadi. Kenapa demikian, coba kita amati secara mendalam logo dari Mc’D apa yang ada di dalamnya, Keunikan, Kesederhanaan dan flaksibel. Mengapa di perlukan Keunikan, Kesederhanaan dan flaksibel dalam LOGO! Jawabnya karena Unik, mencerminkan dan mengankat entitasnya (pemiliknya) sekaligus membedakan dengan yang lain. Simple dan Flaksibel, harus dapat mengakomodasikan dinamika yang di alami entitasnya dalam jangka waktu selama mungkin. LOGO Perusahaan, merupakan salah satu Atribut yang harus dimiliki oleh Pengusaha Sukses.

Ketika pemilik perusahaan memutuskan untuk mendesain logo sendiri hasilnya jarang terlihat profesional. Hasil karnyanya dapat berfungsi sebagi konsep untuk logo baru, tetapi tidak sebagai LOGO. Untuk membuat LOGO yang sukses, anda perlu lebih dari membaca tutorial program photoshop di internet dan mempraktekkannya. Setidaknya anda perlu memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar Desain Grafis. dan anda perlu memiliki pengalaman dalam mendesain LOGO. LOGO buruk lebih buruk daripada tidak mempunyai LOGO.

LOGO harus Beda dan dirancang oleh seorang Desainer LOGO Profesional. Anda tidak akan memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian dan untuk membuat kesan pertama. Dalam banyak hal kesan pertama tergantung pada LOGO Anda. Keberhasilan pemasaran bisnis Anda dimulai dengan Identitas Korporat yang sukses.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.