Bisnis

Ada yang mengatakan bahwa bisnis butuh modal, tapi tak sedikit pula yang berpendapat bahwa bisnis itu bisa dimulai tanpa modal. Nah, sekarang mana yang benar nih, bisnis dengan modalĀ  atau bisnis tanpa modal? Kalau saya berpendapat semua pendapat itu tidak ada yang salah karena mereka berbicara juga berdasarkan pada pengalaman masing-masing. Saya sendiri sudah merasakan bagaimana memulai bisnis dari nol atau yang dengan suntikan modal yang besar.

Dari pengalaman saya sendiri, sebenarnya semua bisnis itu butuh modal, besar kecil bisnis itu butuh modal. Bohong kalau ada orang bercerita kalau dia memulai bisnis tanpa modal. Sekarang kita setidaknya bisa menyamakan persepsi kita masalah modal itu sendiri. Modal bukanlah masalah materi atau uang saja, keringat, waktu, dan keahlian yang kita punya itu adalah modal untuk membuat sebuah usaha baru. Ketika saya masih kuliah dulu saya sangat ingin membuat usaha sebuah usah cafe kopi, waktu itu saya sama sekali tidak punya modal uang, tapi saya masih punya modal relasi. Akhirnya saya menghubungi salah satu teman saya, setelah bercerita panjang lebar mengenai keinginan saya untuk membuka cafe kopi, teman saya pun tertarik untuk bergabung. Saat itulah saya melihat adanya kesempatan untuk membuka usaha tanpa modal uang dan ujungnya saya mempunyai cafe kopi dengan bermodalkan relasi dan kepercayaan.

2 tahun berselang, saya berhenti berbisnis cafe kopi karena ada panggilan untuk berkerja di sebuah kantor Lembaga Pendidikan, pada waktu itu saya juga mendapatkan pengalaman yang lebih besar lagi karena apa yang saya alami ketika mendirikan cafe kopi juga terjadi pada pendiri lembaga pendidikan tersebut, direktur lembaga pendidikan yang saya tempati ‘babat alas’ dengan hanya bermodalkan pengalaman dan tidak lupa juga modal relasi. Tapi untuk yang ini skala dana yang dibutuhkan jauh lebih besar dari yang dibuthkan untuk membuat sebuah cafe kopi. Hmm, saya jadi berfikir ketika itu bahwa yang terpenting untuk memulai usaha bukanlah uang, tetapi pertama adalah ide, kedua baru kemauan untuk memulai usaha tersebut. Iya, itu saja!

Nah, sekarang ketika Anda sudah hampir memulai kenyataan untuk memulai bisnis baru, jangan hanya berhenti di batas fikiran. Segera realisasikan tanpa pertimbangan, karena terlalu banyak pertimbangan bukan malah membuat impian Anda menjadi kenyatan, tetapi malah hanya menajdi omong kosong.

Salam sukses!


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.