bisnis profesionalBanyak pengusaha baru yang bermunculan setiap harinya, tapi tidak semua usaha mereka dikelola dengan profesional.  Usaha yang dikelola dengan profesional akan bertahan lama, sedangkan usaha yang pengelolaannya asal-asalan kemungkinan besar akan cepat redup dan jatuh pada waktunya. Disini akan dibahas bagaimana agar bisnis terlihat lebih profesional. Tidak peduli bisnis yang Anda rintis bisnis kecil maupun besar.

1. Buatlah website yang elegan

–            Ciri bisnis yang profesional zaman sekarang adalah memiliki website yang elegan. Kita bisa melihatnya di berbagai company besar Indonesia, semuanya memiliki website yang tampilannya elegan dan profesional. BCA, Mandiri, Prudential, Pizza Hut, KFC, dll. Jika Anda tidak mampu atau belum mengenal website sama sekali, percayakan kepada webdesigner yang terpercaya. Berikan content usaha Anda kepada webdesigner agar mereka mengolahnya menjadi website yang indah.               Pelanggan akan melihat kesan profesional dari website Anda. Jangan lupa untuk memakai domain .com, co.id, org yang menjadi ciri bahwa perusahaan Anda resmi. Domain co.id dan org memiliki tingkat profesionalisme lebih tinggi dari domain .com. Karena domain co.id dan org hanya bisa dibeli oleh lembaga yang terdaftar.

2. Buatlah logo yang profesional

–              Logo memang kecil kelihatannya, tapi logo tidak bisa kita remehkan. Logo memiliki daya tarik tersendiri untuk bisnis Anda. Silahkan membuktikannya sendiri. Banyak proposal bisnis yang kami tolak hanya karena tampilan logonya kurang meyakinkan. Bagaimana tidak, sebelum seseorang mendirikan bisnis, dia seharusnya sudah bisa membayangkan kemana arah tujuan dari logo. Karena logo memiliki filosofi yang kuat dan mampu mendorong perusahaan tetap teguh pada visi misinya.

               Tidak semua designer bisa menciptakan logo yang elegan. Karena logo membutuhkan wawasan yang luas tentang ilmu bentuk, tipografi, dan warna. Bahkan ada juga jasa desain logo yang memasukkan ilmu feng shui ke dalamnya. Percayakan pada jasa desain logo yang sudah dipercaya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Perkuat cara komunikasi bisnis

–              Kemampuan komunikasi yang baik menunjukkan bahwa Anda siap menjadi partner bisnis yang istimewa bagi siapapun. Setelah melihat cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan, pada akhirnya pelanggan akan melihat apa dibalik kesuksesan bisnis Anda. Tularkan hal ini kepada karyawan Anda. Buat mereka melayani pelanggan dengan komunikasi yang baik, sehingga pelanggan akan merasa istimewa. Kita bisa lihat bagaimana Telkomsel menghabiskan dana yang sangat banyak hanya untuk melatih customer service.

4. Buat laporan keuangan serapi mungkin

–             Bisnis yang profesional tidak akan pernah lepas dari laporan keuangan yang rapi. Pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan rapi. Dengan itu maka keuntungan dan kerugian bisa kita perkirakan sedini mungkin. Pada akhirnya kita bisa membuat kebijakan jangka pendek dan jangka panjang. Lebih baiknya carilah akuntan yang ahli di bidangnya.

Bisnis yang dikelola dengan profesional akan sangat membantu pekerjaan Anda. Karena yang berjalan adalah sistem. Dengan itu, kita bisa mengembangkan bisnis kita ke level yang lebih besar

Salam sukses


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.