Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling menjanjikan. Selain karena pangsa pasar yang merata, kebutuhan masyarakat akan kuliner juga tidak pernah menurun, malah cenderung bertambah. Maka dari itu, bisnis kuliner bisa dikatakan bisnis yang paling menjanjikan. Tapi, bisnis kuliner memang juga butuh kreatifitas. Ide baru dan inovasi akan sangat membantu perkembangan bisnis kuliner. Kira-kira apa saja ide bisnis kuliner yang menjanjikan dan mudah dijalankan? Mari kita bahas disini.

ide bisnis kuliner yang mudah dijalankan

Ide bisnis yang akan saya bahas sekarang adalah ide bisnis kuliner yang mudah dijalankan. Jika ada yang bertanya mengapa ide bisnis yang lain belum saya masukkan dalam artikel ini, mungkin tingkat kesulitannya masih tinggi. Jadi ide-ide yang saya sampaikan adalah ide bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh siapa saja, pemula atau expert. Kan tidak ada salahnya kalau kita mulai dari yang paling mudah dulu, baru kalau sudah berhasil bisa mencoba tantangan baru yang lebih besar.

 

  1. Bisnis Warung Kopi

 

bisnis warung kopi

Warung kopi identik dengan anak muda atau kalangan pria. Kopi sudah sangat familiar di Indonesia. Dimana-mana ada kopi. Di kampus, di jalanan, di terminal, di warung-warung desa, semuanya ada kopi. Kopi sudah menjadi trend dan kebiasaan tersendiri bagi kalangan pria. Bahkan bukan hanya pria, pecinta kopi juga banyak dari kalangan wanita. Jadi kopi sudah memiliki komunitas tersendiri. Kita tinggal memamanfaatkan komunitas pecinta kopi tersebut.

Memulai usaha warung kopi tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mencari biji kopi yang enak. Karena ini kuncinya. Rata-rata pecinta kopi sangat peka terhadap rasa kopi. Kemudian selanjutnya adalah mempersiapkan branding yang menarik untuk warung kopi kita. Karena tidak dipungkiri, saat ini branding yang bagus akan sedikit banyak menarik pelanggan untuk nongkrog di warung kita. Kita sudah lihat banyak contohnya orang-orang yang lebih suka ngopi di Starbucks daripada warung biasa. Bukan lagi masalah kopi, tapi gengsi. Kita bisa mencari jasa desain logo yang mampu membuat branding istimewa. Setelah itu, baru kita berkerja untuk merangkul para pecinta kopi agar mau dengan senang hati datang ke warung kita. Berikan layanan yang istimewa, dan selanjutnya kita tinggal menjaga cita rasa agar pelanggan terus berdatangan dan mengundang teman-temannya.

 

  1. Bisnis Es Jus

Es jus sekarang sudah menjadi minuman kesehatan di mata masyarakat. Slogan minuman kesehatan inilah yang membantu pengusaha es jus menarik pelanggan. Orang-orang akan berpikiran lebih baik banyak beli es jus daripada minuman soda dari supermarket, selain lebih sehat, es jus juga lebih murah.

bisnis es jus

Usaha kedai es jus mudah untuk dijalankan, yang terpenting kita harus latihan membuat berbagai macam rasa buah. Semakin banyak menu es jusnya, semakin senang orang datrang membeli jus kita. Memang bisnis es jus terlihat remeh, tapi jangan salah, setiap gelas es jus laba bisa lebih dari 100%. Jika per gelas jus dijual 6000, keuntungan bisa sampai Rp. 3000. Kalau kita bisa menjual paling tidak 50 gelas per harinya, laba bersih bisa sampai Rp. 4.5 jutaan. Padahal kalau jual di kampus, bisa lebih dari 50 gelas.

  1. Bisnis Es Teh Gelas

Bisnis es teh ini dulu sempat diremehkan. Ngapain juga es teh dijual pakai gelas branding yang mahal, kan Cuma es teh. Di rumah aja bisa bikin. Ternyata muncul Teh Poci dengan konsep stan teh di mall dan tempat-tempat ramai lainnya. Es teh yang dijual sama dengan es teh di warumh lainnya, yang membedakan hanya gelasnya. Tidak disangka, teh poci laris manis. Selain es teh sudah familiar di masyarakat, tapi juga ada beberapa pilihan rasa untuk es tehnya.

bisnis teh poci

Kalau kita bisa jeli, kita bisa memulai membuat usaha kedai es teh ini. Yang paling penting dari usaha ini adalah branding design harus benar-benar menarik. Jangan asal-asalan. Karena yang kita jual bukan es tehnya, tapi brandingnya, sisi emosionalnya. Orang tidak akan terlalu tertarik membeli es teh yang biasa di pinggir jalan dengan harga Rp. 3000 s/d Rp. 5000. Mending beli di warung, sama aja kan. Tapi berbeda kalau kita jual dengan branding yang bagus dan lucu. Jadi mereka beli brandingnya sebenarnya. Modal yang paling penting adalah di gerobak dan gelasnya.

  1. Bisnis Roti Bakar

Roti bakar terkenal dari Bandung. Entah benar atau tidak, yang jelas di setiap kota ada roti bakar Bandung. Usaha Roti bakar dari dulu tidak pernah surut, kita lihat saja sampai sekarang roti bakar masih ramai pembelinya. Ini bisa jadi kesempatan bisnis yang menarik. Pendapatan roti bakar bandung seharinya bisa jutaan guys. Hmm. Yakin gak mau usaha ini? Hehebisnis roti bakar

Kuncinya ada di roti dan selai. Roti yang dipakai untuk roti bakar bandung bisa beli bisa juga bikin sendiri, tapi biasanya yang roti bakar Bandung bikin roti sendiri. Karena kalau beli, rasanya berbeda. Kemudian juga selai harus bikin sendiri. Kalau beli, biaya produksi roti bakar jadi sangat mahal. Padahal roti bakar itu pangsa pasarnya adalah menengah ke bawah. Harga mahal dikit, gak bakal ada yang beli. Kecuali kalau kita punya ide kreatif dengan membuat kedai roti bakar yang lain dari lain. Harga bisa disesuaikan lagi. Tapi kalau roti bakar biasa, sesuaikan dengan pasar.

  1. Usaha Bakso

Usaha lainnya yang paling gampang pemasaran dan bikinnya adalah bakso. Bakso dimana-mana pasti laku. Apalagi di daerah jawa ya. Bakso selalu jadi alternatif kuliner yang bsia diterima masyarakat. Dari dulu, Bakso tidak ada matinya.

bisnis usaha bakso

Sama seperti roti bakar, bakso kabanyakan menyisir kalangan menengah ke bawah. Harga dan rasa sangat menentukan laris atau tidaknya warung bakso kita. Harga murah, tapi rasa tidak terlalu sedap, pelanggan kabur. Harga sedap, harga terlalu mahal, pelanggan mikir-mikir. Jadi harus disesuaikan.

Membuat warung Bakso harus belajar terlebih dulu meracik bumbu-bumbunya. Kita bisa belajar langsung atau ada juga yang menyediakan kursus membuat bakso. Jangan takut, karena meskipun kita keluar biaya untuk belajar membuat bakso ini, bisnis bakso kita tidak akan pernah surut karena konsumen bakso dimana-mana ada. Tinggal bagaimana kita membuat warung kita nyaman dan menyediakan bakso dengan cita rasa yang super sedap.

  1. Bisnis Kedai Bakaran

Anak muda, paling suka nongkrong. Disini ada kesempatan untuk keda bakaran. Modalnya adalah makanan yang tahan lama seperti jagung, tempura, sosis, dll. Kedai bakaran akan selalu menarik bagi anak-anak muda, apalagi mahasiswa. Jadi kedai bakaran sangat cocok kalau ditempatkan di area kampus.

usaha bakaran

Usaha kedai bakaran ini relatif mudah. Yang perlu disiapkan adalah tempat, alat bakaran, dan kelengkapan menu. Yang lain kita perlu promosi dan menggandeng komunitas anak-anak kampus. Karena yang namanya tongkrongan, paling enak cari komunitas. Mereka lebih suka datang ke tempat tongkrongan dengan teman-temannya.

Bisnis bakaran gampang, tapi hasilnya lumayan. Kalau laba paling banyak sebenarnya didapat dari minumannya, karena minuman keuntungannya 100%. Semakin banyak minuman yang dipesan, semakin banyak keuntungannya. Masa iya pesen bakaran gak pakai minum, keselek lah. Kalau bisa bakarannya dibuat super pedes, beli bakaran satu beli minumnya 3 gelas. Hehe

 

Itulah sedikit ulasan ide bisnis kuliner yang mudah dijalankan. Setidaknya kita bisa membaca peluang yang ada di sekitar kita, selanjutnnya tergantung dari kemauan kita sendiri. Jangan pernah menyerah untuk menjadi sukses.


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.