Sekarang ini sudah masuk pada musim hujan bagi kita yang menggunakan sepeda motor dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentu harus menyiapkan perlengkapan khas yakni jas hujan. Meskipun banyak juga yang malas menggunakan jas hujan namun perlu disadarkan bahwa memakai jas itu banyak fungsi dan manfaatnya.

Fungsi dari jas hujan adalah untuk menjaga agar baju yang dikenakan tidak basah. Perlu diketahui, ada beberapa hal yang harus Anda diperhatikan dalam memilih jas hujan. Salah dalam memilih, bisa-bisa merugikan Anda bahkan orang lain.

1. Jas hujan yang sebaiknya Anda hindari adalah model ponco atau “Batman”. Pasalnya jas hujan model ini lebar dan tidak mengikuti lekuk tubuh. Sudah banyak kasus yang terjadi dimana ujung dari jas hujan seperti ini melilit di roda dan mengakibatkan kecelakaan.

2 Pilihlah jas hujan dengan model two piece (atas-bawah) dan gunakan yang pas dengan ukuran tubuh. Jangan terlalu besar juga hindari yang terlalu ketat, jika terlalu ketat maka tidak dapat juga untuk melindungi tas anda.

3. Pilihlah bahan PVC ketimbang parasut. Bahan PVC lebih tebal dan lebih rapat pori-porinya sehingga air tidak mudah meresap.

4. Perhatikan juga kualitas jahitan serta resletingnya. Pastikan bahan yang digunakan cukup kuat agar tak mudah sobek.

5. Terakhir pilih jas hujan dengan warna mencolok. Seperti hijau, kuning atau oranye. Agar ketika digunakan malam hari atau terjadi kabut, tetap dapat dilihat pengendara lain. Lebih bagus bila terbuat dari bahan fluorescent yang bisa berpendar saat terkena lampu sorot.


2 Response Comments

  • Satya Aji P  November 17, 2014 at 3:41 pm

    jas hujan yg bikin hemat BBM ada gak ya? Soale BBM mundak :'(

  • Rani  November 21, 2014 at 2:51 am

    Enggak ada kaka, kalau ada ya pada beli semua 😀

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.