Ada empat menggunakan elemen desain. Sebuah prinsip-prinsip desain dapat membantu penggabungan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik. Prinsip-prinsip desain ini diuraikan dalam penerapannya pada  penciptaan desain PC Wallpaper

1. Kesederhanaan Yang dimaksud kesederhanaan adalah pertimbangan-pertimbangan yang mengutamakan  pengertian dan bentuk yang inti prinsipil. Segi-segi lain seperti kecanggihan struktur, kerumitan bentuk, sebaiknya di kesampingkan.

2. Keselaras Dalam pengertian yang pokok, keselarasan berarti kesan kesesuaian antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam satu benda, atau antara benda yang satu dengan  benda yang lain yang dipadukan, atau antara unsur yang satu dengan lainnya.

3. Kesatuan Bentuk suatu benda akan nampak utuh kalau bagian yang satu menunjang yang lain secara selaras. Bentuknya akan tampak “terbelah”, apabila masing-masing bagian muncul sendiri-sendiri, atau tidak kompak satu sama lain. Dalam suatu komposisi, kekompakan antara benda atau unsur yang satu harus mendukung benda atau unsur yang lainnya. Kalau tidak, komposisi itu akan terasa kacau.

4. Keseimbangan Keseimbangan merupakan kesan yang muncul dari perasaan sipengamat terhadap hasil  penataan unsur-unsur desain. Kesan berat sebelah dapat timbul akibat penataan motif yang berlebihan pada sisi tertentu, atau penggunaan warna yang lebih gelap pada salah satu sisi. Perasaan manusia pada umumnya menyukai kesan sama berat atau seimbang. Ada 2 jenis keseimbangan, yaitu keseimbangan formal symetris dan non formal nonsymetris. Keseimbangan formal secara seimbang memuat unsur seni rupa yang sama antar sisi-sisinya sedangkan non formal memuat unsur seni rupa secara seimbang bobot dan karakter namun tidak harus memiliki kualitas kesamaan unsur.

sumber : artikel AULDRA JUWANIKA

bkhttp://bursadesain.com/wp-content/uploads/2014/10/bk.jpg


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.